Sabtu, 22 Juni 2013

sejarah ICRC

Berbicara tentang PMI, berarti berbicara tentang relawan . berbicara tentang relawan berarti berbicara tentang keikhlasan. seperti yang telah kita ketahui bahwa dinegara ini telah berdiri organisasi kemanusiaan bernama PMI. ( Palan Merah Indonesia). tahukahkalian bahwa PMI berdiri sejak 17 September 1945. sejarah PMI sendiri bukan berasal dari Indonesia, namun bersal dari kotajennewa (Swiss).

pada suatu ketika seorang pengusaha dari Swiss ingin bertemu dengan rekan bisnis nya.ia bernaqma Henry Dunant.  ia melewati kota Solferino  yang pada saat itu  sedang terjadi peperangan. kemudian kereta kuda Henry Dunant pun ikut diserang. dengan kondisi seperti itu mau tidak mau ia harus beristirahat sejenak . melihat para korban berjatuhan , rasa kemanusiaannya pun muncul. bersama  penjaga gereja ia membantu para korban , tanpa pandang kawan dan lawan. tanpa pandang ia berasal darimana. yang jelas,ia hanya ingin menyelamatkan nyawa.

dari kejadian tersebut, ia menulis buku yang berjudul memories of solferino pada tahun 1862.  dua pokok dalam buku tersebut yaitu . organisasi sukarelawan dan perjanjian internasional. akhirnya dengan dibentuk 5 komite pada tanggal 09 Februari 1863 yang beranggotakan 
1. Gustave Moynier
2. Dr. LouisAppia
3. Dr. Theodore Maunoir
4. Jendral Gullame Henri Dufour
5. Henri Dunant
maka lahirlah apa yang selama ini kita kenal sebagai ICRC (International Comitee of the Red Cross ) atau palang merah internasional. lambang ICRC sendiri diambil edari kebalikan negara Swiss . sebagai penghormatan kepada Henri Dunant.  dan markas ICRC berada di Jenewa Swiss. 
Misi ICRC diantaranya :
1. melindungi dan membantu para korban konflik bersenjatadan gangguan keamanan dalam negeri, dengan sikap netral dan tidak berpihak. 
2. mempromosikan hukum perikemanusiaan dan Internasional. 

demikianlah informasi yang saya berikan , semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, dan bisa memberikan inspirasi kepada kita semua, bahwa banyak orang di luar sana yang sedang butuh pertolongan dengan keikhlasan .apapun bentuk pertolongan kita . berikanlah . asal kita ikhlas. bukankahHenri Dunant awalnya  bukan siapa siapa . hanya seoarng pebisnis. namun ia mempunyai niat yang ikhlas untuk membantu koprban perang . ingat , oarnagbutuh uluran tangan yang ikhlas dan ikhlas :)))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar